Unordered List

Kenapa Perlu Fiqih Muamalah???

 on Kamis, 08 Oktober 2015  

Wengker.com, Religi - Kenapa Perlu Fiqh Muamalh? "Kenapa kita perlu mengkaji fiqh mua'amalah?", demikianlah salah satu pertanyaan yang terlontar dalam forum diskusi bersama mahasiswa Fakultas Syariah.
Kalau kita amati, setiap nabi yang diutus Allah ke dunia ini, memang punya latar belakang kehidupan sosial masing-masing. Nabi Daud alaihissalam hidup di tengah iklim peperangan, sehingga beliau terkenal dengan sosok kepahlawanannya,
bahkan mampu membuat baju besi.
Nabi Sulaiman dan Musa 'alaihimassalam hidup di tengah masyarakat yang mengagungkan kemampuan ghaib (sihir), sehingga keduanya diberikan mukjizat dari Allah SWT untuk mengalahkan kekuatan sihir.
Nabi Isa 'alaihissalam hidup di tengah masyarakat yang unggul dalam ilmu ketabiban dan kemampuan memberi
pengobatan orang sakit, sehingga Allah SWT memberinya mukjizat untuk dapat mengusap orang sakit menjadi sembuh, bahkan orang yang sudah meninggal bisa hidup kembali dengan
izin Allah.
Lalu tipologi masyarakat seperti apakah bangsa dimana Rasulullah SAW tinggal? Jawabnya bahwa beliau hidup di tengah masyarakat pedagang, saudagar dan para pebisnis. Bahkan beliau sendiri adalah seorang ahli perdagangan, yang pandai dan jeli melihat peluang bisnis. Dalam konteks inilah mengapa kita perlu mengkaji Fiqh Mua'malah.
By Ahmad Syafi'i



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme