Unordered List

Peringatan Hari Aids Sedunia

 on Selasa, 01 Desember 2015  

Wengker.com, Kesehatan – Sejarah 1 Desember diperingati Hari AIDS sedunia. Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia dimana pada tahun 2015 ini, akan menjadi tahun ke 27 peringatan hari tersebut. Sejarah awal mula peringatan Hari AIDS Sedunia ini, ketika pada tahun 1987 yang dicetuskan oleh dua orang yakni Thomas Netter serta James W. Bunn di Geneva, Swiss.
Netter dan James mengungkapkan gagasan peringatan Hari AIDS tersebut kepada Dirut Program AIDS Global yang sekarang bernama UNAIDS yakni DR. Jonathan Mann. Tak Disangka gayung pun bersambut. Akhirnya DR Mann menyetujui hal tersebut dan membuat gagasan jika tanggal 1 Desember 1988 akan diperingati sebagai tahun pertama
Hari AIDS Sedunia.
Merasa mendapat lampu hijau, akhirnya James memberikan saran jika pencetusan Hari AIDS sedunia pertama kali tersebut harus diliput media agar acara ini sukses. Akhirnya James yang sebelumnya bekerja sebagai reporter bekerjasama dengan produser Nansy Saslow untuk melakukan kampanye pentingnya kesehatan dan bahaya virus HIV di sejumlah stasiun TV di AS yang dikenal dengan nama AIDS Lifeline.
Setelah sukses melakukan kampanye AIDS, akhirnya 1 Desember 1988 ditetapkan sebagai tahun pertama Hari AIDS sedunia. Namun pada dua tahun pertama, tema hari AIDS tersebut hanya difokuskan pada remaja dan anak-anak saja. Akhirnya tema ini mendapat kritikan karena semua usia bisa tertular penyakit mematikan ini. Akhirnya pada 2004, UNAIDS kampanye AIDS tersebut dilakukan sebagai organisasi yang berdiri sendiri dan dengan kampanye yang bertema setiap tahunnya dengan melakukan konsultasi dengan komunitas kesehatan lainnya. Sejak saat itu, akhirnya 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia.

Sumber Indoberita.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme