Unordered List

Inspirasi Lambang Burung Garuda

 on Senin, 17 Agustus 2015  

Wengker.com, Sejarah - Benarkah Lambang Garuda Indonesia meniru lambang Kerajaan Islam Samudera Pasai yang lebih duluh terbentuk.
“Kesultanan Pasai, juga dikenal dengan Samudera Darussalam, atau Samudera Pasai, ini adalah kerajaan isalam yang yang terletak di pesisir pantai utara Sumatera, yang kurang lebih di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Propinsi Aceh, Indonesia.”
Perhatikan gambar tersebut, dua lukisan itu sekilah mirip. Namun kalau anda perhatikan dengan detil sangatlah berbeda.Kedua gamber tersebut merupakan dua lambang negara yang berbeda. Yang pertama adalah Lambang Garuda Pancasila Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang satunya Lambang Kerajaan Samudera Pasai.
Sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945, namun pada tahun 1950 kita baru memiliki lambang negara. Jadi selama lima tahun Indonesia nirlambang negara. Lambang Garuda ditetapkan sebagai lambang Negara RI pada Frebruari 1950 yang dituangkan dalam peraturan Pemerintah No 66 Tahun 1951.
Presiden Soekarno lalu memperkenalkan lambang tersebut kepada masyarakat pada 15 Februari 1950 di Hotel DesIndes Jakarta.Sebelumnya Garuda juga sudah menjadi lambang kerajaan atau stempel kerajaan di Jawa seperti Kerajaan Airlangga.
Lambang Kerajaan Samudera Pasai.Sebelumnya digunakan secara resmi sebagai lambang Negara RI, Garuda sudah pernah dipakai sebagai lembang Kerajaan Samudera Pasai yang dulu berpusat di Aceh Utara. Kerajaan Pasai didirikan oleh Sultan Salikussaleh (Meurah Silu) pada abad ke 13 atau pada tahun 1267. Seorang petualang Ibnu Batuthah dalam bukunya Tuhfat al-Nazha menuturkan Samudera Pasai sudah menjadi pusat studi Isalam dikawasan Asia Tenggara.
Siapa sebenarnya yang merancang lambang Kerajaan Samudera Pasai?
“Lamabang Kerajaan Samudera Pasai dirancang oleh Sultan Samudera Pasai Sultan Zainal Abidin. Lambang burung tersebut bermaknak syiar agama yang luas, beranai dan bijaksana,” ucap R Indra S Attahashi (6/10).
Indar menjelaskan, lambang Kerajaan Samudera Pasai berisi kalimat Tauhid dan Rukun Islam. Rincianya kepala burung tersebut Basmallah, sayab dan kakinya merupakan ucapan dua kalimat Syahadat.Yang terakhir, badan burung tersebut merupakan Rukun Islam.
Dia juga menjelaskan lambang itu disalin ulang oleh Teuku Raja Muluk Attahashi bin Teuku Cik Ismail Sidik Attahashi yang merupakan Sultan Muda Aceh yang di angkat sebagai Perwira Perang Cumbok pada tahun 1945, pada waktu itu di Aceh Tamiang ada kerajaan sendiri bersama Kerajaan Sungai Iyu.
“Bisa di sebut Lambang Negara Indonesia ini meniru Lambang Kerajaan Samudera Pasai yang lebih dulu exsis sebelum kaum Nasionalis Marhaenisme merancang NKRI,” ucap Generasi kesepuluh Kerajaan Sungai Iyu.
Lambang Kerajaan Pasai itu sudah ada dalam silsilah keluarganya lebih dari 100 tahun yang lalu. Dari kakek atau nenek, lambang tersebut di wariskan dari generasi ke generasi yang selalu dikisahkan bahwa lambang itu dari Kerajaan Samudera Pasai.
Dia juga enyebutkan asal-usul pendiri Kerajaan Samudera Pasai berasal dari keturunan Turki yakni Al Ghazy Syarif Attahashi yang merupakan panglima memimpin utusan Dinasti Usmaniyah (Ottoman) yang membantu Aceh menghadapi serangan Portugis. Kemudian Panglima ketujuh itu menikah dengan seorang Putri Sultan Iskandar Muda.
Perihal lambang Negara Indonesia yang mirip dengan lambang Kerajaan Samudera Pasai juga dituturkan oleh Ibrahim Qamarius dosen Universitas Malkussaleh Aceh Utara. Setelah di gelar seminar International Conference and Seminar. Malikussaleh, Past, Present and Future di Aceh Utara pada 11-12 Juni 2014 silam, masyarakat mengirim lambang Kerajaan Samudera Pasai yang merupakan Replika.
Lambang tersebut di lukis oleh Teuku Raja Muluk Attahashi yaitu keturunan dari panglima Turki Utsmani yang ke Aceh ketika Sultan Iskandar Muda menghadapi Portugis, pimpinan dari panglima Tujuh Syarif Attahashi.
Ibrahim menjelaskan, walaupun lambang Indonesia mirip dengan Kerajaan Samudera Pasai belum bisa dipastikan Indonesia meniru dari Samudera Pasai. Menurutnya, perlu pengkajian lebih lanjut.
Lambang Garuda Pancasila ini ternyata terinspirasi dari lambang kerajaan Samudera Pasai, namun terlepas dari itu semua sejarawan LIPI, Aswi Warman Adam menegaskan kalau klaim itu menunjukkan kecintaan bangsa Indonesia. "Ini bukanlah sebuah klaim yang menjurus ke arah negatif. Ini merupakan sebuah bentuk kecintaan bangsa Indonesia, yang dulu saat proses pemilihan lambang negara memang ikut terlibat," ungkapnya, bagaimana menurut Anda?
Sumber Info www.makintau.com/2015/06/garuda-pancasila-terinspirasi-dari-lambang-samudera-pasai.html?m=1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme