Unordered List

Surutnya Pondok Pesantren Bedi

 on Sabtu, 05 Mei 2012  

Sebagaimana sudah Poetra Bedi jelaskan bahwa pada dahulu kala di Bedi Polorejo ada sebuah Pondok Pesantren yang diasuh oleh KH. Ibrahim yang akhirnya mengalami kesurutan. Pada tahun 1900 pemerintah Belanda mendirikan sekolah desa swasta, atas perintah Asisten Wedana sekarang camat. Kemudian tahun 1903 pemerintah Belanda mulai membuka Sekolah Desa tiga tahun di Desa Banyudono dan di Desa Brotonegaran, lalu tahun 1904 di desa Bangun sari, dan guru-gurunya dari Madiun yang dinamakan Premi Opleideng, dan pada tahun 1911 Ponorogo sudah dapat meluluskan guru sekolah Desa dua tahun.
Kemudian pada tahun 1904 Sekolah ongko I dirubah menjadi sekolah HIS ( Holand Indische School ) dimana pada sekolah ini yang dapat diterima menjadi murid hanya lah anak-anaknya kaum priyayi, dan bahasa dasarnya adalah bahasa Belanda. Tahun 1905 sekolah ongko II Bangun sari menerima murid-murid dari anak-anaknya kaum peta ni dan swasta. Dan selanjutnya pemerintah Belanda membuka sekolah-sekolah Desa diluar Kota, termasuk di Desa Polorejo oleh Belanda didirikan Sekolah Desa tiga tahun.
Pada masa penjajahan Belanda ini anak-anak sekolah dipisah-pisahkan, anak kaum priyayi tidak boleh satu sekolah dengan anak kaum petani dan swasta, anak kaum priyayi sekolahnya di HIS (sekolah Belanda), sedangkan anak kaum petani dan kaum swasta harus sekolah di Sekolah Desa tiga tahun kemudian ditambah 2 (dua) tahun Sekolah ongko II, anak kaum petani dan swasta boleh sekolah di se kolahan HIS jika ia mempunyai gelar Raden.
Karena tekanan Belanda, bahwa anak kaum petani juga kaum swasta harus di sekolahkan di sekolah desa tiga tahun, dan dengan fasilitas gedung sekolah yang permanen begitu pula para pamong desa yang diperintahkan agar setiap hari menggiring anak-anak kaum petani masuk sekolah desa tiga tahun maka hal inilah yang menyebabkan Pondok Pesantren di Bedi ini mengalami surut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme